HIJAB AWAL PERBAIKAN DIRI

HIJAB AWAL PERBAIKAN DIRI

Oleh: Indah Wulandari

*Pendidikan Agama Islam

 

Bismillâhi walhamdulillâhi wash-shalâtu was-salâmu ‘alâ rasûlillâh,

Saduariku, yang semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita dari fitnah dunia. Di zaman sekarang banyak orang yang masih bingung untuk mulai berhijab. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa “saya berhijab nunggu udah baik akhlaknya”. Itu merupakan alasan yang salah karena hijab adalah awal mula dari perbaikan diri.

Hijab bukan hanya sekedar untuk menutup aurat semata tetapi bagaimana kita dalam bertingkah laku dan juga bertutur kata yang baik. Hijab merupakan tanda ketaqwaan kita kepada Allah ﷻ. Tidak semua yang berhijab itu sudah baik tetapi dengan berhijab berarti seseorang ingin dirinya menjadi lebih baik lagi baik dalam tingkah laku maupun perkataan.

Masih sangat disayangkan apabila pada saat ini wanita muslimah banyak yang berhijab hanya karena ingin mengikuti sebuah trend. Mereka harus diberi pemahaman bahwa hijab bukanlah trend ataupu tradisi akan tetapi merupakan sebuah kewajiban yang harus kita jalankan sebagai muslimah yang beriman kepada Allah ﷻ.

Berhijab adalah Perintah Allah ﷻ

Saduariku, perhatikanlah perintah Allah ﷻ berikut ini, dimana Allah ﷻ memerintahkan kita para muslimah untuk menutup aurat dengan sempurna. Allah ﷻ berfirman yang artinya: “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutup jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak mudah diganggu. (Q.S Al-Ahzab [33] 59)

Ayat tersebut menjelaskan perintah Allah ﷻ kepada setiap muslimah untuk menutupkan auratnya. Hijab menjadi hal yang sangat penting bagi kita para muslimah, karena dengan hijab kita akan terhindar dari laki-laki yang mempunyai niat jahat kepada kita. Masa sekarang ini sangat banyak tren hijab yang mendunia, akan tetapi tren hijab masa kini masih banyak yang belum sesuai dengan syari’at islam.

Contohnya saja, memakai hijab tetapi ketat atau menampakkan lekuk tubuh, memakai hijab tetapi tipis atau terawang, memakai hijab tetapi belum menutup secara sempurna seperti masih terlihat rambut, leher, tidak menutup dada secara sempurna dan lainnya.

Berhijab Baju Ketaqwaan Muslimah   

Saduariku, trend hijab masa kini masih harus diperbaiki lagi dan harus sesuai dengan syari’at Islam. Peran kita seharusnya menasehati dan mengingatkan mereka dengan cara yang baik agar mengenakan hijab bukan hanya sebuah kewajiban saja tetapi juga merupakan cara kita bertaqwa kepada Allah ﷻ.

Satu hal yang menarik yaitu sekarang banyak wanita yang sudah mulai sadar untuk mengenakan hijab dalam kehidupan sehari-hari, tetapi masih banyak juga mereka yang memakai hijab hanya pada moment tertentu dan hanya formalitas saja. Ini sudah menjadi nilai plus dikalangan wanita muslimah karena sudah mulai sadar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menjadi taat kepada Allah ﷻ.

Tugas kita sebagai muslimah yang baik yaitu mengajak para wanita yang belum berhijab atau masih ragu untuk berhijab supaya segera mengenakan hijab karena berhijab tidak tunggu baik dulu. Kemudian tugas kita selanjutnya menasehati mereka yang sudah berhijab namun hijabnya masih belum sesuai dengan syariat islam agar bisa menutup dengan sempurna dan bisa berkelakuan baik.

Dapat kita lihat pada masa kini orang tua bahkan anak-anak pun sudah mulai mengenakan hijab. Walaupun terkadang anak-anak belum bisa istiqomah dalam berhijab tetapi tidak ada salahnya untuk melatih sedini mungkin dalam menggunakan hijab yang baik dan benar.

Cerdas Memakani Hijab

Sebagai wanita muslimah yang cerdas kita harus bisa membedakan beberapa macam makna hijab seperti kerudung, jilbab dan juga hijab itu sendiri. Kebanyakan dari kita terkadang masih banyak yang belum mengetahui makna dari kata kerudung, jilbab, dan juga hijab. Kerudung atau khimar merupakan kain yang digunakan untuk menutup dari bagian rambut sampai depan dada.

Jilbab atau gamis merupakan pakaian yang digunakan untuk menutup dari bahu sampai kaki. Sedangkan hijab sendiri merupakan penutup yang mempunyai fungsi agar orang tidak bisa melihat sesuatu dibalik penutup tersebut. Jika ingin mengenakan hijab yang syar’i dan sesuai syariat islam, maka syaratnya harus mengenakan jilbab atau gamis, kerudung atau khimar dan memakai kaos kaki.

Disyariatkannya hijab bagi wanita muslimah adalah untuk menjaga kehormatan wanita dan memuliakannya. Untuk itu perlu adanya kesadaran diri dan pembenahan diri agar senantiasa bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah ﷻ. Dengan kita memahami apa saja hal-hal ataupu syarat yang harus dipenuhi dalam berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam maka kita akan mudah dikenali dan tidak mudah diganggu.

Adapun berkembangnya trend hijab pada masa kini harus di imbangi dengan syarat-syarat berpakaian yang baik dan benar sesua dengan ketentuan syariat islam. Semoga nantinya seluruh wanita muslimah dimanapun mereka berada mempunyai kesadaran untuk berhijab dan juga bisa memperbaiki akhlak dan tingkah laku dengan seiring perjalanan mereka dalam mengenakan hijab didalam kehidupan sehari-hari. Karena hal yang terpenting adalah keistiqomahan.

Apabila wanita telah istiqomah dalam berhijab in syâ Allah Allah ﷻ pasti akan melembutkan hatinya. Karena hijab merupakan awal mula perbaikan diri. Jadi jangan ragu untuk memulai hal yang baik. Berhijab itu seperti matahari yang tertutupi oleh awan. Matahari tidak akan kehilangan keindahannnya apabila tertutup oleh awan. Begitu juga dengan wanita berhijab tidak akan pudar kecantikannya apabila tertutup oleh hijab.

Download Buletin klik disini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *