HAK DAN ADAB-ADAB SESAMA MUSLIM

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat”. (Q.S. Al-Hujurat: 10)

Keindahan Islam selalu terpancarkan di dalam perjalanan kehidupan manusia, dia tidak usang diterpa zaman dan tidak runtuh dimakan waktu. Sejarah penciptaan manusia memberikan sebuah bukti atas keindahan tersebut, misalnya dalam penciptaan manusia itu sendiri. Awal mula Allah hanya menciptakan seorang manusia, yaitu Adam Alaihissalam. Dengan ilmu-Nya Allah mengetahui bahwa segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada hujan ada panas, maka jika ada lelaki maka ada juga perempuan, dengan itu Allah ciptakan Siti Hawa Alaihassalam. Setelah banyak dan berkembangbiaknya manusia, terpisah oleh jarak dan terbagi-bagi dalam berbagai suku, dan berbangsa-bangsa, namun Allah tetap mengatakan untuk selalu saling mengenal satu sama lainnya, dan tidak untuk saling membangga-banggakan diri. Sesuai dengan apa yang telah Allah katakan dalam Firman-Nya:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (Q.S. al-Hujarat: 13).

Dalam pertemuan dan perkenalan manusia sesama saudaranya, seorang Muslim percaya bahwa semua saudaranya memiliki hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dan ditunaikan. Hak-hak tersebut terciptakan di dalam pergaulan sehari-hari melalui norma, aturan, etika, ataupun sopan santun. Di dalam Islam, dari semua kata-kata tersebut terkombinasi menjadi satu, itulah yang di sebut dengan adab.
Adab ini merupakan turunan dari hasil sebuah pendidikan (ta’dib) yang dikehendaki oleh Allah dan Rasul-Nya. Karena dengan adab inilah sebuah prilaku melahirkan suatu sikap sopan santun yang didasarkan atas aturan Agama, terutama Agama Islam. Nilai-nilai Islam yang terbentuk dalam adab terimplementasi langsung dalam pergaulan antar manusia, antar tetangga, dan antar kaum, hingga antar bangsa.
Lalu apa sajakah hak dan adab-adab yang harus dipenuhi oleh seorang Muslim terhadap Muslim lainya, agar pergaulan dan persaudaran selalu harmonis dan penuh dengan nilai-nilai ibadah kepada Allah ﷻ ?
Tentu banyak sekali adab-adab tersebut, namun dalam bahasan ini kita coba menjelaskan beberapa saja yang sekiranya mampu untuk kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *